Selasa, 16 Agustus 2011

Wisata Kuliner - Kopi Tarik & Teh Tarik

Kopi Tarik, Teh Tarik, Kuline Kepulauan Riau, Kuliner Batam, Wisata Kuliner

Jika berada di Tanjungpinang, jangan pernah lewatkan kesempatan Anda untuk mencicipi Kopi Tarik ataupun Teh Tarik. Sejenak, mungkin kening akan berkerut ketika mendengar kata ‘tarik‘ disandingkan dengan kopi atau teh. Dua kata ini, disandingkan karena proses penyiapan Kopi Tarik atau Teh Tarik yang seperti menarik tali. Sebelum disajikan, baik kopi maupun teh, akan dicampur lebih dulu dengan susu di sebuah cangkir alumunium berukuran agak besar.

Kopi Tarik dan Teh Tarik sebenarnya merupakan minuman asli orang India bagian selatan, yang mayoritas beragama muslim. Orang-orang India ini bermigrasi ke kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia bagian barat, dan memperkenalkan pembuatan Kopi Tarik dan Teh Tarik.

Di kedai-kedai yang menjual teh dan kopi tarik, pengunjung dapat melihat bagaimana proses mencampur susu dengan teh atau kopi ini. Karena biasanya, pemilik kedai akan mempertunjukkan atraksi pembuatan kopi atau teh tarik.

Proses pencampuran antara kopi atau teh dengan susu ini menggunakan dua cangkir aluminium minus pengaduk. Cangkir pertama akan diisi dengan air kopi atau teh, dan cangkir kedua akan diisi dengan air susu. Air kopi atau teh dituangkan ke cangkir yang berisi susu, kemudian kopi atau teh yang telah bercampur susu tersebut akan dipindahkan lagi berulang-ulang, hingga enam kali sampai bercampur dengan sempurna. Atraksi memindahkan campuran ini, tampak seperti orang yang sedang menarik-narik tali. Untuk melakukan proses pembuatan teh ataupun kopi tarik ini, dibutuhkan kemampuan khusus. Karena jika tidak, maka campuran kopi atau teh dengan susu ini akan bertumpahan.

Percampuran yang sempurna antara kopi atau teh dengan susu yang dapat disajikan dalam keadaan dingin ataupun panas ini, menghasilkan aroma dan rasa yang luar biasa enaknya. Selain itu, Kopi Tarik ataupun Teh Tarik memiliki khasiat untuk menambah stamina.

Teh Tarik memiliki khasiat untuk menambah stamina.

Kopi Tarik dan Teh Tarik dapat dinikmati di kedai-kedai yang ada di kawasan Melayu Square, atau kawasan lainnya di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia.

Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000,00 - Rp 10.000,00 Anda sudah dapat meneguk nikmatnya segelas Kopi Tarik ataupun Teh Tarik).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites